:

HASIL SURVEI KEPUASAN MAHASISWA SARJANA STATISTIKA TAHUN 2024

Ringkasan Hasil Survei Kepuasan Mahasiswa


No. Pernyataan Hasil Survei Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Keandalan (reliability): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan 594 85 43 17 3.7 Sangat Baik
2. Daya tanggap (responsiveness): kemauan dari dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat 593 85 43 20 3.69 Sangat Baik
3. Kepastian (assurance): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan 600 86 39 16 3.72 Sangat Baik
4. Empati (empathy): kesediaan/kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa 604 81 38 17 3.72 Sangat Baik
5. Tangible: penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesibilitas, kualitas sarana dan prasarana 608 80 37 16 3.73 Sangat Baik
6. Ketersediaan Layanan Mahasiswa 601 81 40 18 3.71 Sangat Baik
7. Proses Belajar Mengajar 597 85 40 18 3.7 Sangat Baik
Rata - Rata 3.71 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Keandalan (Reliability)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Kejelasan Materi yang disampaikan oleh dosen 581 94 49 16 740 3.68 Sangat Baik
2. Ketepatan Waktu Pelaksanaan Perkuliahan 575 102 46 17 740 3.67 Sangat Baik
3. Kelengkapan Referensi untuk Pembelajaran (Handout, Buku, Modul, PPT, dll) 610 82 30 18 740 3.74 Sangat Baik
4. Kesesuaian Keahlian Dosen Mengajar sesuai Bidang Keahliannya 603 76 45 16 740 3.71 Sangat Baik
5. Kemampuan Staf Akademik untuk Melayani Administrasi Kemahasiswaan 600 79 47 14 740 3.71 Sangat Baik
6. Kualitas Layanan Staf Akademik untuk Memenuhi Kepentingan Mahasiswa 604 82 38 16 740 3.72 Sangat Baik
7. Kejelasan Pedoman (Kurikulum dan Akademik) 588 82 45 25 740 3.67 Sangat Baik
Rata - Rata 3.7 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Daya Tanggap (Responsiveness)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Kesediaan Dosen dan Karyawan memberikan Pelayanan setiap Waktu 590 92 39 19 740 3.69 Sangat Baik
2. Kecepatan Dosen dan Karyawan dalam Menanggapi Keluhan Mahasiswa 588 90 45 17 740 3.69 Sangat Baik
3. Kecepatan dalam memberikan Pelayanan 599 79 46 16 740 3.7 Sangat Baik
4. Sikap Profesionalisme dalam memberikan Pelayanan 593 79 41 27 740 3.67 Sangat Baik
Rata - Rata 3.69 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kepastian (Assurance)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Permasalahan Akademik dikonsultasikan dan ditangani oleh Dosen Pembimbing Akademik 586 98 41 15 740 3.7 Sangat Baik
2. Keramahan dan Kesopanan Staf Akademik dalam Memberikan Pelayanan 611 77 38 14 740 3.74 Sangat Baik
3. Transparansi dan Keterukuran Sistem Penilaian 600 90 36 14 740 3.72 Sangat Baik
4. Suasana Akademik 600 81 36 23 740 3.7 Sangat Baik
5. Penerapan Sanksi bagi Mahasiswa yang Melanggar Peraturan telah ditetapkan dan berlaku untuk Semua Mahasiswa Tanpa Terkecuali 602 82 43 13 740 3.72 Sangat Baik
Rata - Rata 3.72 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Empati (Empathy)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Kepedulian Dosen dan Staf dalam Memahami Kepentingan dan Kesulitan Mahasiswa 608 88 29 15 740 3.74 Sangat Baik
2. Proses Monitoring terhadap Kemajuan Mahasiswa melalui Dosen Pembimbing Akademik 612 74 39 15 740 3.73 Sangat Baik
3. Kesediaan Dosen dalam Membantu Mahasiswa yang Mengalami Kesulitan Bidang Akademik/Mata Kuliah 596 84 39 21 740 3.7 Sangat Baik
4. Fakultas/Prodi Berusaha Memahami Minat dan Bakat Mahasiswa dan Berusaha Mengembangkannya 599 79 46 16 740 3.7 Sangat Baik
Rata - Rata 3.72 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap (Tangible)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Kerapian dan Kebersihan Ruang Kuliah 585 98 42 15 740 3.69 Sangat Baik
2. Ketersediaan Ruang Kuliah/Laboratorium 610 73 42 15 740 3.73 Sangat Baik
3. Ketersediaan Sarana Pembelajaran di Ruang Kuliah (LCD, Papan Tulis, Kursi, Meja, dll) 608 82 37 13 740 3.74 Sangat Baik
4. Ketersediaan Buku Referensi yang ada di Perpustakaan/Ruang Baca 633 63 30 14 740 3.78 Sangat Baik
5. Ketersediaan Fasilitas Ibadah, Kamar Kecil yang Rapi dan Bersih 599 92 31 18 740 3.72 Sangat Baik
6. Ketersediaan Tempat Parkir yang Luas 615 69 37 19 740 3.73 Sangat Baik
Rata - Rata 3.73 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Ketersediaan Layanan Mahasiswa


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Ketersediaan Informasi Beasiswa 597 96 36 11 740 3.73 Sangat Baik
2. Ketersediaan Layanan Bimbingan Akademik 590 90 41 19 740 3.69 Sangat Baik
3. Ketersediaan Layanan Konsultasi untuk Orang Tua/Wali Mahasiswa 611 73 39 17 740 3.73 Sangat Baik
4. Ketersediaan Layanan Kesehatan 599 79 40 22 740 3.7 Sangat Baik
5. Ketersediaan Layanan Asuransi untuk Mahasiswa yang terkena Musibah/Kecelakaan 607 68 43 22 740 3.7 Sangat Baik
Rata - Rata 3.71 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Proses Belajar Mengajar


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Penyampaian Kontrak Kuliah di Awal Perkuliahan 602 76 45 17 740 3.71 Sangat Baik
2. Penyampaian Referensi yang diperlukan di Awal Perkuliahan 589 85 49 17 740 3.68 Sangat Baik
3. Penyampaian Materi Kuliah Secara Sistematis 618 67 36 19 740 3.74 Sangat Baik
4. Proses Penilaian didiskusikan dengan Mahasiswa di Awal Perkuliahan 599 86 36 19 740 3.71 Sangat Baik
5. Pemberian Ilustrasi Perkembangan Ilmu dan Teknologi serta Studi Kasus 598 83 34 25 740 3.69 Sangat Baik
6. Kesempatan untuk Bertanya pada Saat Perkuliahan Berlangsung Maupun Akhir Perkuliahan 594 83 47 16 740 3.7 Sangat Baik
7. Penggunakan Media Terkini Sesuai dengan Kebutuhan Materi Perkuliahan 587 93 41 19 740 3.69 Sangat Baik
8. Pemberian Tugas yang Relevan dengan Mata Kuliah 588 100 34 18 740 3.7 Sangat Baik
9. Penyampaian Pesan Moral, Etika dan Disiplin ketika Proses Perkuliahan 593 94 35 18 740 3.71 Sangat Baik
10. Pelaksanaan Diskusi Kelompok 599 85 37 19 740 3.71 Sangat Baik
11. Kesesuaian Materi Kuliah dengan Rencana Perkuliahan 603 82 36 19 740 3.71 Sangat Baik
12. Pemberian Softskill yang dapat Menunjang Proses Belajar Mengajar 578 93 48 21 740 3.66 Sangat Baik
13. Kesesuaian Soal Ujian dengan Materi Kuliah 609 74 45 12 740 3.73 Sangat Baik
14. Kesempatan untuk Melakukan Banding atas Nilai Akhir Mata Kuliah 594 89 43 14 740 3.71 Sangat Baik
Rata - Rata 3.7 Sangat Baik