:

HASIL SURVEI KEPUASAN MAHASISWA SARJANA MATEMATIKA TAHUN 2024

Ringkasan Hasil Survei Kepuasan Mahasiswa


No. Pernyataan Hasil Survei Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Keandalan (reliability): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan 552 74 36 14 3.72 Sangat Baik
2. Daya tanggap (responsiveness): kemauan dari dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat 559 77 31 10 3.75 Sangat Baik
3. Kepastian (assurance): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan 550 76 39 11 3.72 Sangat Baik
4. Empati (empathy): kesediaan/kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa 556 74 34 12 3.74 Sangat Baik
5. Tangible: penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesibilitas, kualitas sarana dan prasarana 552 70 38 17 3.71 Sangat Baik
6. Ketersediaan Layanan Mahasiswa 546 76 36 18 3.7 Sangat Baik
7. Proses Belajar Mengajar 549 76 37 14 3.72 Sangat Baik
Rata - Rata 3.72 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Keandalan (Reliability)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Kejelasan Materi yang disampaikan oleh dosen 550 73 39 14 676 3.71 Sangat Baik
2. Ketepatan Waktu Pelaksanaan Perkuliahan 549 76 40 11 676 3.72 Sangat Baik
3. Kelengkapan Referensi untuk Pembelajaran (Handout, Buku, Modul, PPT, dll) 550 77 37 12 676 3.72 Sangat Baik
4. Kesesuaian Keahlian Dosen Mengajar sesuai Bidang Keahliannya 553 79 32 12 676 3.74 Sangat Baik
5. Kemampuan Staf Akademik untuk Melayani Administrasi Kemahasiswaan 556 62 46 12 676 3.72 Sangat Baik
6. Kualitas Layanan Staf Akademik untuk Memenuhi Kepentingan Mahasiswa 550 80 27 19 676 3.72 Sangat Baik
7. Kejelasan Pedoman (Kurikulum dan Akademik) 556 73 31 16 676 3.73 Sangat Baik
Rata - Rata 3.72 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Daya Tanggap (Responsiveness)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Kesediaan Dosen dan Karyawan memberikan Pelayanan setiap Waktu 539 91 35 11 676 3.71 Sangat Baik
2. Kecepatan Dosen dan Karyawan dalam Menanggapi Keluhan Mahasiswa 563 71 29 13 676 3.75 Sangat Baik
3. Kecepatan dalam memberikan Pelayanan 578 67 27 4 676 3.8 Sangat Baik
4. Sikap Profesionalisme dalam memberikan Pelayanan 554 78 33 11 676 3.74 Sangat Baik
Rata - Rata 3.75 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kepastian (Assurance)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Permasalahan Akademik dikonsultasikan dan ditangani oleh Dosen Pembimbing Akademik 558 70 33 15 676 3.73 Sangat Baik
2. Keramahan dan Kesopanan Staf Akademik dalam Memberikan Pelayanan 554 81 34 7 676 3.75 Sangat Baik
3. Transparansi dan Keterukuran Sistem Penilaian 539 75 50 12 676 3.69 Sangat Baik
4. Suasana Akademik 554 72 38 12 676 3.73 Sangat Baik
5. Penerapan Sanksi bagi Mahasiswa yang Melanggar Peraturan telah ditetapkan dan berlaku untuk Semua Mahasiswa Tanpa Terkecuali 544 81 41 10 676 3.71 Sangat Baik
Rata - Rata 3.72 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Empati (Empathy)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Kepedulian Dosen dan Staf dalam Memahami Kepentingan dan Kesulitan Mahasiswa 550 73 35 18 676 3.71 Sangat Baik
2. Proses Monitoring terhadap Kemajuan Mahasiswa melalui Dosen Pembimbing Akademik 540 90 34 12 676 3.71 Sangat Baik
3. Kesediaan Dosen dalam Membantu Mahasiswa yang Mengalami Kesulitan Bidang Akademik/Mata Kuliah 557 66 39 14 676 3.72 Sangat Baik
4. Fakultas/Prodi Berusaha Memahami Minat dan Bakat Mahasiswa dan Berusaha Mengembangkannya 578 67 27 4 676 3.8 Sangat Baik
Rata - Rata 3.74 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap (Tangible)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Kerapian dan Kebersihan Ruang Kuliah 554 78 32 12 676 3.74 Sangat Baik
2. Ketersediaan Ruang Kuliah/Laboratorium 566 61 35 14 676 3.74 Sangat Baik
3. Ketersediaan Sarana Pembelajaran di Ruang Kuliah (LCD, Papan Tulis, Kursi, Meja, dll) 551 69 36 20 676 3.7 Sangat Baik
4. Ketersediaan Buku Referensi yang ada di Perpustakaan/Ruang Baca 552 72 37 15 676 3.72 Sangat Baik
5. Ketersediaan Fasilitas Ibadah, Kamar Kecil yang Rapi dan Bersih 540 72 40 24 676 3.67 Sangat Baik
6. Ketersediaan Tempat Parkir yang Luas 546 67 45 18 676 3.69 Sangat Baik
Rata - Rata 3.71 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Ketersediaan Layanan Mahasiswa


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Ketersediaan Informasi Beasiswa 528 82 39 27 676 3.64 Sangat Baik
2. Ketersediaan Layanan Bimbingan Akademik 559 69 36 12 676 3.74 Sangat Baik
3. Ketersediaan Layanan Konsultasi untuk Orang Tua/Wali Mahasiswa 548 83 31 14 676 3.72 Sangat Baik
4. Ketersediaan Layanan Kesehatan 541 82 36 17 676 3.7 Sangat Baik
5. Ketersediaan Layanan Asuransi untuk Mahasiswa yang terkena Musibah/Kecelakaan 555 66 36 19 676 3.71 Sangat Baik
Rata - Rata 3.7 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Proses Belajar Mengajar


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Penyampaian Kontrak Kuliah di Awal Perkuliahan 554 72 40 10 676 3.73 Sangat Baik
2. Penyampaian Referensi yang diperlukan di Awal Perkuliahan 541 79 41 15 676 3.7 Sangat Baik
3. Penyampaian Materi Kuliah Secara Sistematis 548 80 28 20 676 3.71 Sangat Baik
4. Proses Penilaian didiskusikan dengan Mahasiswa di Awal Perkuliahan 555 72 35 14 676 3.73 Sangat Baik
5. Pemberian Ilustrasi Perkembangan Ilmu dan Teknologi serta Studi Kasus 539 81 41 15 676 3.69 Sangat Baik
6. Kesempatan untuk Bertanya pada Saat Perkuliahan Berlangsung Maupun Akhir Perkuliahan 546 74 45 11 676 3.71 Sangat Baik
7. Penggunakan Media Terkini Sesuai dengan Kebutuhan Materi Perkuliahan 551 72 43 10 676 3.72 Sangat Baik
8. Pemberian Tugas yang Relevan dengan Mata Kuliah 552 81 31 12 676 3.74 Sangat Baik
9. Penyampaian Pesan Moral, Etika dan Disiplin ketika Proses Perkuliahan 552 69 37 18 676 3.71 Sangat Baik
10. Pelaksanaan Diskusi Kelompok 535 79 44 18 676 3.67 Sangat Baik
11. Kesesuaian Materi Kuliah dengan Rencana Perkuliahan 566 64 30 16 676 3.75 Sangat Baik
12. Pemberian Softskill yang dapat Menunjang Proses Belajar Mengajar 557 77 29 13 676 3.74 Sangat Baik
13. Kesesuaian Soal Ujian dengan Materi Kuliah 542 75 40 19 676 3.69 Sangat Baik
14. Kesempatan untuk Melakukan Banding atas Nilai Akhir Mata Kuliah 552 84 29 11 676 3.74 Sangat Baik
Rata - Rata 3.72 Sangat Baik