:

HASIL SURVEI KEPUASAN MAHASISWA SARJANA INFORMATIKA TAHUN 2024

Ringkasan Hasil Survei Kepuasan Mahasiswa


No. Pernyataan Hasil Survei Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Keandalan (reliability): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan 652 87 42 16 3.73 Sangat Baik
2. Daya tanggap (responsiveness): kemauan dari dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat 645 91 46 16 3.71 Sangat Baik
3. Kepastian (assurance): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan 650 86 44 17 3.72 Sangat Baik
4. Empati (empathy): kesediaan/kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa 651 85 43 18 3.72 Sangat Baik
5. Tangible: penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesibilitas, kualitas sarana dan prasarana 650 84 48 16 3.71 Sangat Baik
6. Ketersediaan Layanan Mahasiswa 639 91 50 17 3.69 Sangat Baik
7. Proses Belajar Mengajar 646 90 43 18 3.71 Sangat Baik
Rata - Rata 3.71 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Keandalan (Reliability)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Kejelasan Materi yang disampaikan oleh dosen 648 81 42 26 797 3.7 Sangat Baik
2. Ketepatan Waktu Pelaksanaan Perkuliahan 652 88 43 14 797 3.73 Sangat Baik
3. Kelengkapan Referensi untuk Pembelajaran (Handout, Buku, Modul, PPT, dll) 639 98 43 17 797 3.71 Sangat Baik
4. Kesesuaian Keahlian Dosen Mengajar sesuai Bidang Keahliannya 648 88 48 13 797 3.72 Sangat Baik
5. Kemampuan Staf Akademik untuk Melayani Administrasi Kemahasiswaan 671 77 35 14 797 3.76 Sangat Baik
6. Kualitas Layanan Staf Akademik untuk Memenuhi Kepentingan Mahasiswa 648 83 46 20 797 3.71 Sangat Baik
7. Kejelasan Pedoman (Kurikulum dan Akademik) 661 94 35 7 797 3.77 Sangat Baik
Rata - Rata 3.73 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Daya Tanggap (Responsiveness)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Kesediaan Dosen dan Karyawan memberikan Pelayanan setiap Waktu 645 86 50 16 797 3.71 Sangat Baik
2. Kecepatan Dosen dan Karyawan dalam Menanggapi Keluhan Mahasiswa 641 93 46 17 797 3.7 Sangat Baik
3. Kecepatan dalam memberikan Pelayanan 650 90 39 18 797 3.72 Sangat Baik
4. Sikap Profesionalisme dalam memberikan Pelayanan 642 93 50 12 797 3.71 Sangat Baik
Rata - Rata 3.71 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kepastian (Assurance)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Permasalahan Akademik dikonsultasikan dan ditangani oleh Dosen Pembimbing Akademik 657 81 41 18 797 3.73 Sangat Baik
2. Keramahan dan Kesopanan Staf Akademik dalam Memberikan Pelayanan 638 91 49 19 797 3.69 Sangat Baik
3. Transparansi dan Keterukuran Sistem Penilaian 659 83 40 15 797 3.74 Sangat Baik
4. Suasana Akademik 646 89 43 19 797 3.71 Sangat Baik
5. Penerapan Sanksi bagi Mahasiswa yang Melanggar Peraturan telah ditetapkan dan berlaku untuk Semua Mahasiswa Tanpa Terkecuali 649 85 47 16 797 3.72 Sangat Baik
Rata - Rata 3.72 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Empati (Empathy)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Kepedulian Dosen dan Staf dalam Memahami Kepentingan dan Kesulitan Mahasiswa 650 86 44 17 797 3.72 Sangat Baik
2. Proses Monitoring terhadap Kemajuan Mahasiswa melalui Dosen Pembimbing Akademik 660 81 37 19 797 3.73 Sangat Baik
3. Kesediaan Dosen dalam Membantu Mahasiswa yang Mengalami Kesulitan Bidang Akademik/Mata Kuliah 644 82 52 19 797 3.7 Sangat Baik
4. Fakultas/Prodi Berusaha Memahami Minat dan Bakat Mahasiswa dan Berusaha Mengembangkannya 650 90 39 18 797 3.72 Sangat Baik
Rata - Rata 3.72 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap (Tangible)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Kerapian dan Kebersihan Ruang Kuliah 656 89 41 11 797 3.74 Sangat Baik
2. Ketersediaan Ruang Kuliah/Laboratorium 642 88 51 16 797 3.7 Sangat Baik
3. Ketersediaan Sarana Pembelajaran di Ruang Kuliah (LCD, Papan Tulis, Kursi, Meja, dll) 644 87 53 13 797 3.71 Sangat Baik
4. Ketersediaan Buku Referensi yang ada di Perpustakaan/Ruang Baca 650 81 51 15 797 3.71 Sangat Baik
5. Ketersediaan Fasilitas Ibadah, Kamar Kecil yang Rapi dan Bersih 675 70 37 15 797 3.76 Sangat Baik
6. Ketersediaan Tempat Parkir yang Luas 630 87 53 27 797 3.66 Sangat Baik
Rata - Rata 3.71 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Ketersediaan Layanan Mahasiswa


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Ketersediaan Informasi Beasiswa 639 93 51 14 797 3.7 Sangat Baik
2. Ketersediaan Layanan Bimbingan Akademik 640 93 47 17 797 3.7 Sangat Baik
3. Ketersediaan Layanan Konsultasi untuk Orang Tua/Wali Mahasiswa 635 100 49 13 797 3.7 Sangat Baik
4. Ketersediaan Layanan Kesehatan 631 84 55 27 797 3.65 Sangat Baik
5. Ketersediaan Layanan Asuransi untuk Mahasiswa yang terkena Musibah/Kecelakaan 649 85 48 15 797 3.72 Sangat Baik
Rata - Rata 3.69 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Proses Belajar Mengajar


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Penyampaian Kontrak Kuliah di Awal Perkuliahan 642 102 37 16 797 3.72 Sangat Baik
2. Penyampaian Referensi yang diperlukan di Awal Perkuliahan 654 81 41 21 797 3.72 Sangat Baik
3. Penyampaian Materi Kuliah Secara Sistematis 660 82 39 16 797 3.74 Sangat Baik
4. Proses Penilaian didiskusikan dengan Mahasiswa di Awal Perkuliahan 627 104 49 17 797 3.68 Sangat Baik
5. Pemberian Ilustrasi Perkembangan Ilmu dan Teknologi serta Studi Kasus 639 88 47 23 797 3.69 Sangat Baik
6. Kesempatan untuk Bertanya pada Saat Perkuliahan Berlangsung Maupun Akhir Perkuliahan 643 89 48 17 797 3.7 Sangat Baik
7. Penggunakan Media Terkini Sesuai dengan Kebutuhan Materi Perkuliahan 662 88 33 14 797 3.75 Sangat Baik
8. Pemberian Tugas yang Relevan dengan Mata Kuliah 641 94 43 19 797 3.7 Sangat Baik
9. Penyampaian Pesan Moral, Etika dan Disiplin ketika Proses Perkuliahan 648 87 42 20 797 3.71 Sangat Baik
10. Pelaksanaan Diskusi Kelompok 633 94 51 19 797 3.68 Sangat Baik
11. Kesesuaian Materi Kuliah dengan Rencana Perkuliahan 658 82 35 22 797 3.73 Sangat Baik
12. Pemberian Softskill yang dapat Menunjang Proses Belajar Mengajar 641 93 42 21 797 3.7 Sangat Baik
13. Kesesuaian Soal Ujian dengan Materi Kuliah 644 93 45 15 797 3.71 Sangat Baik
14. Kesempatan untuk Melakukan Banding atas Nilai Akhir Mata Kuliah 652 78 56 11 797 3.72 Sangat Baik
Rata - Rata 3.71 Sangat Baik