:

HASIL SURVEI KEPUASAN MAHASISWA SARJANA BIOLOGI TAHUN 2024

Ringkasan Hasil Survei Kepuasan Mahasiswa


No. Pernyataan Hasil Survei Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Keandalan (reliability): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan 675 94 46 16 3.72 Sangat Baik
2. Daya tanggap (responsiveness): kemauan dari dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat 667 96 46 23 3.7 Sangat Baik
3. Kepastian (assurance): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan 664 102 45 20 3.7 Sangat Baik
4. Empati (empathy): kesediaan/kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa 674 92 48 18 3.71 Sangat Baik
5. Tangible: penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesibilitas, kualitas sarana dan prasarana 680 89 43 19 3.72 Sangat Baik
6. Ketersediaan Layanan Mahasiswa 668 91 53 19 3.7 Sangat Baik
7. Proses Belajar Mengajar 673 93 47 18 3.71 Sangat Baik
Rata - Rata 3.71 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Keandalan (Reliability)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Kejelasan Materi yang disampaikan oleh dosen 677 94 45 15 831 3.72 Sangat Baik
2. Ketepatan Waktu Pelaksanaan Perkuliahan 687 84 47 13 831 3.74 Sangat Baik
3. Kelengkapan Referensi untuk Pembelajaran (Handout, Buku, Modul, PPT, dll) 667 111 42 11 831 3.73 Sangat Baik
4. Kesesuaian Keahlian Dosen Mengajar sesuai Bidang Keahliannya 685 84 51 11 831 3.74 Sangat Baik
5. Kemampuan Staf Akademik untuk Melayani Administrasi Kemahasiswaan 677 102 36 16 831 3.73 Sangat Baik
6. Kualitas Layanan Staf Akademik untuk Memenuhi Kepentingan Mahasiswa 662 89 54 26 831 3.67 Sangat Baik
7. Kejelasan Pedoman (Kurikulum dan Akademik) 673 91 48 19 831 3.71 Sangat Baik
Rata - Rata 3.72 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Daya Tanggap (Responsiveness)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Kesediaan Dosen dan Karyawan memberikan Pelayanan setiap Waktu 675 85 49 22 831 3.7 Sangat Baik
2. Kecepatan Dosen dan Karyawan dalam Menanggapi Keluhan Mahasiswa 659 101 42 29 831 3.67 Sangat Baik
3. Kecepatan dalam memberikan Pelayanan 676 92 45 18 831 3.72 Sangat Baik
4. Sikap Profesionalisme dalam memberikan Pelayanan 659 104 47 21 831 3.69 Sangat Baik
Rata - Rata 3.7 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kepastian (Assurance)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Permasalahan Akademik dikonsultasikan dan ditangani oleh Dosen Pembimbing Akademik 688 85 47 11 831 3.74 Sangat Baik
2. Keramahan dan Kesopanan Staf Akademik dalam Memberikan Pelayanan 665 105 42 19 831 3.7 Sangat Baik
3. Transparansi dan Keterukuran Sistem Penilaian 664 102 45 20 831 3.7 Sangat Baik
4. Suasana Akademik 656 105 42 28 831 3.67 Sangat Baik
5. Penerapan Sanksi bagi Mahasiswa yang Melanggar Peraturan telah ditetapkan dan berlaku untuk Semua Mahasiswa Tanpa Terkecuali 646 115 47 23 831 3.67 Sangat Baik
Rata - Rata 3.7 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Empati (Empathy)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Kepedulian Dosen dan Staf dalam Memahami Kepentingan dan Kesulitan Mahasiswa 698 78 41 14 831 3.76 Sangat Baik
2. Proses Monitoring terhadap Kemajuan Mahasiswa melalui Dosen Pembimbing Akademik 674 98 42 17 831 3.72 Sangat Baik
3. Kesediaan Dosen dalam Membantu Mahasiswa yang Mengalami Kesulitan Bidang Akademik/Mata Kuliah 648 98 63 22 831 3.65 Sangat Baik
4. Fakultas/Prodi Berusaha Memahami Minat dan Bakat Mahasiswa dan Berusaha Mengembangkannya 676 92 45 18 831 3.72 Sangat Baik
Rata - Rata 3.71 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap (Tangible)


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Kerapian dan Kebersihan Ruang Kuliah 663 107 43 18 831 3.7 Sangat Baik
2. Ketersediaan Ruang Kuliah/Laboratorium 671 92 47 21 831 3.7 Sangat Baik
3. Ketersediaan Sarana Pembelajaran di Ruang Kuliah (LCD, Papan Tulis, Kursi, Meja, dll) 676 83 45 27 831 3.69 Sangat Baik
4. Ketersediaan Buku Referensi yang ada di Perpustakaan/Ruang Baca 681 87 48 15 831 3.73 Sangat Baik
5. Ketersediaan Fasilitas Ibadah, Kamar Kecil yang Rapi dan Bersih 698 77 37 19 831 3.75 Sangat Baik
6. Ketersediaan Tempat Parkir yang Luas 690 87 39 15 831 3.75 Sangat Baik
Rata - Rata 3.72 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Ketersediaan Layanan Mahasiswa


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Ketersediaan Informasi Beasiswa 667 86 55 23 831 3.68 Sangat Baik
2. Ketersediaan Layanan Bimbingan Akademik 663 94 54 20 831 3.68 Sangat Baik
3. Ketersediaan Layanan Konsultasi untuk Orang Tua/Wali Mahasiswa 684 83 47 17 831 3.73 Sangat Baik
4. Ketersediaan Layanan Kesehatan 653 103 59 16 831 3.68 Sangat Baik
5. Ketersediaan Layanan Asuransi untuk Mahasiswa yang terkena Musibah/Kecelakaan 675 88 48 20 831 3.71 Sangat Baik
Rata - Rata 3.7 Sangat Baik

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Proses Belajar Mengajar


No. Pernyataan Hasil Survei Jumlah Responden Rata - Rata Kriteria
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
1. Penyampaian Kontrak Kuliah di Awal Perkuliahan 687 85 47 12 831 3.74 Sangat Baik
2. Penyampaian Referensi yang diperlukan di Awal Perkuliahan 673 94 46 18 831 3.71 Sangat Baik
3. Penyampaian Materi Kuliah Secara Sistematis 661 100 50 20 831 3.69 Sangat Baik
4. Proses Penilaian didiskusikan dengan Mahasiswa di Awal Perkuliahan 669 90 42 30 831 3.68 Sangat Baik
5. Pemberian Ilustrasi Perkembangan Ilmu dan Teknologi serta Studi Kasus 670 100 45 16 831 3.71 Sangat Baik
6. Kesempatan untuk Bertanya pada Saat Perkuliahan Berlangsung Maupun Akhir Perkuliahan 660 97 59 15 831 3.69 Sangat Baik
7. Penggunakan Media Terkini Sesuai dengan Kebutuhan Materi Perkuliahan 685 84 45 17 831 3.73 Sangat Baik
8. Pemberian Tugas yang Relevan dengan Mata Kuliah 679 94 48 10 831 3.74 Sangat Baik
9. Penyampaian Pesan Moral, Etika dan Disiplin ketika Proses Perkuliahan 672 90 48 21 831 3.7 Sangat Baik
10. Pelaksanaan Diskusi Kelompok 670 96 47 18 831 3.71 Sangat Baik
11. Kesesuaian Materi Kuliah dengan Rencana Perkuliahan 690 93 37 11 831 3.76 Sangat Baik
12. Pemberian Softskill yang dapat Menunjang Proses Belajar Mengajar 662 87 55 27 831 3.67 Sangat Baik
13. Kesesuaian Soal Ujian dengan Materi Kuliah 654 109 43 25 831 3.68 Sangat Baik
14. Kesempatan untuk Melakukan Banding atas Nilai Akhir Mata Kuliah 696 76 45 14 831 3.75 Sangat Baik
Rata - Rata 3.71 Sangat Baik