UPAYA TINDAK LANJUT DAN PERBAIKAN HASIL SURVEI KEPUASAN TENAGA KEPENDIDIKAN
No. | Pernyataan | Upaya Tindak Lanjut | Upaya Perbaikan |
---|---|---|---|
Fakultas Sains dan Matematika memfasilitasi kebutuhan untuk studi lanjut | 1. Meningkatkan kerjasama dengan lembaga pascasarjana atau institusi pendidikan lain untuk menyediakan program studi lanjut yang relevan dengan kebutuhan tenaga kependidikan. 2. Mengadakan pertemuan atau diskusi berkala dengan tenaga kependidikan untuk memahami kebutuhan dalam studi lanjut dan mengidentifikasi area peningkatan fasilitas yang diperlukan. |
1. Memperbarui perpustakaan dengan literatur dan sumber daya terkini dalam bidang ilmu pengetahuan dan matematika. 2. Menawarkan beasiswa atau bantuan keuangan bagi tenaga kependidikan yang berminat melanjutkan studi lanjut. |
|
Dukungan pengembangan diri untuk mengikuti kursus/pelatihan | 1. Mengadakan sesi informasi dan pendaftaran kursus/pelatihan secara teratur, baik melalui surat elektronik, portal kampus, atau pertemuan langsung. 2. Memfasilitasi pengajuan permohonan dan proses administrasi untuk mendapatkan izin atau dukungan kelembagaan dalam mengikuti kursus/pelatihan. |
1. Membangun kemitraan dengan lembaga pelatihan dan penyedia kursus eksternal yang terkemuka untuk menghadirkan program yang berkualitas dan relevan. 2. Membentuk tim atau komite yang bertanggung jawab untuk menyusun rencana pengembangan diri berkelanjutan bagi tenaga kependidikan. |
|
Dukungan pengembangan diri untuk mengikuti seminar/workshop | 1. Membentuk forum atau grup diskusi terkait seminar/workshop untuk berbagi informasi dan pengalaman, serta memfasilitasi proses pendaftaran. 2. Mengirimkan pengumuman seminar/workshop melalui berbagai saluran komunikasi internal, termasuk email, papan pengumuman, dan platform digital kampus. |
1. Mendorong partisipasi aktif tenaga kependidikan dalam menjadi pembicara atau peserta dalam seminar/workshop untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman. 2. Menyediakan aksesibilitas seminar/workshop secara online atau rekaman video untuk memungkinkan partisipasi yang lebih luas. |
|
Dukungan dan kesempatan untuk mengikuti studi banding dalam negeri | 1. Membentuk tim atau komite khusus untuk mengidentifikasi program studi banding dalam negeri yang relevan dan menjalin kerjasama dengan institusi tujuan. 2. Memberikan informasi tentang persyaratan, prosedur, dan manfaat mengikuti studi banding kepada tenaga kependidikan. |
1. Menyediakan sumber daya keuangan dan administratif bagi tenaga kependidikan yang ingin mengikuti studi banding, termasuk dukungan dana transportasi, akomodasi, dan biaya pendaftaran. 2. Membentuk jaringan komunikasi dan kolaborasi antara tenaga kependidikan yang telah mengikuti studi banding dengan yang berminat untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan. |
|
Dukungan dan kesempatan untuk mengikuti studi banding luar negeri | 1. Membangun kemitraan dengan universitas atau institusi luar negeri untuk menyediakan kesempatan studi banding yang berkelanjutan. 2. Menyusun prosedur aplikasi dan seleksi yang transparan untuk memilih tenaga kependidikan yang berhak mengikuti program studi banding luar negeri. |
1. Mencari sumber pendanaan tambahan, seperti beasiswa internasional atau program pertukaran, untuk mendukung tenaga kependidikan yang ingin mengikuti studi banding luar negeri. 2. Membentuk program mentoring atau pembinaan bagi tenaga kependidikan yang telah mengikuti studi banding luar negeri agar dapat membagikan pengalaman dan pengetahuan kepada rekan sejawat. |
|
Mendapat informasi tentang jenjang karir | 1. Meningkatkan komunikasi dan pemahaman tentang jalur karir yang tersedia di fakultas, baik melalui pengumuman, pertemuan, atau sumber informasi digital yang mudah diakses. 2. Mengadakan sesi informasi khusus tentang jenjang karir yang mencakup persyaratan, kriteria, dan manfaat setiap posisi. |
1. Memperbarui dan memperluas konten informasi tentang jenjang karir di website fakultas dan memastikan informasi tersebut selalu diperbarui secara berkala. 2. Mendorong partisipasi tenaga kependidikan dalam program pelatihan atau mentoring yang bertujuan untuk mempersiapkan untuk kemajuan karir. |
|
Layanan yang diberikan Fakultas Sains dan Matematika tentang jenjang karir | 1. Membentuk tim atau unit khusus yang bertanggung jawab atas penyediaan layanan jenjang karir dan memastikan adanya saluran komunikasi yang terbuka dengan tenaga kependidikan. | 1. Meningkatkan responsivitas dan kualitas layanan jenjang karir dengan memberikan dukungan yang lebih baik, seperti konseling karir individu, bimbingan penulisan proposal karir, atau penilaian kinerja secara berkala. 2. Mengadakan workshop atau pelatihan untuk meningkatkan keterampilan tenaga kependidikan dalam mengelola karir sendiri. |
|
Dukungan dan kesempatan untuk meningkatkan jenjang karir | 1. Mengidentifikasi peluang dan program pengembangan profesional yang relevan, termasuk kursus, sertifikasi, atau program spesialisasi di bidang tertentu. 2. Mengadakan pertemuan atau forum diskusi reguler untuk memahami aspirasi karir tenaga kependidikan dan menyusun rencana pengembangan individu. |
1. Menyediakan bimbingan dan dukungan aktif bagi tenaga kependidikan yang berkeinginan meningkatkan jenjang karir, termasuk menyediakan bahan referensi, mentoring, dan akses ke sumber daya tambahan. 2. Menginisiasi kolaborasi dengan institusi lain atau mitra industri untuk menyediakan peluang pengembangan karir yang lebih luas dan beragam. |
|
Mendapatkan informasi tentang jabatan | 1. Memastikan adanya komunikasi yang jelas dan rutin tentang informasi jabatan yang tersedia di fakultas, termasuk deskripsi pekerjaan, kualifikasi, dan persyaratan. 2. Menyediakan akses yang mudah ke pengumuman jabatan melalui platform internal yang digunakan oleh tenaga kependidikan. |
1. Meningkatkan transparansi proses seleksi jabatan dengan memberikan informasi yang jelas tentang tahapan seleksi dan kriteria penilaian. 2. Mengadakan workshop atau pelatihan bagi tenaga kependidikan yang tertarik untuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi jabatan. |
|
Layanan yang diberikan Fakultas Sains dan Matematika tentang jabatan | 1. Mengevaluasi kualitas layanan yang saat ini disediakan dan mengidentifikasi area perbaikan yang diperlukan berdasarkan umpan balik dari tenaga kependidikan. 2. Membentuk tim atau kelompok kerja yang bertugas untuk memastikan pelayanan yang optimal terkait jabatan, termasuk menyusun panduan, menjawab pertanyaan, dan memberikan bimbingan. |
1. Memperkuat komunikasi dan koordinasi antara tim pengelola jabatan dan tenaga kependidikan untuk memastikan kejelasan dan transparansi dalam proses seleksi dan penempatan jabatan. 2. Mengadakan pelatihan bagi tim yang bertugas memberikan layanan tentang jabatan agar dapat memberikan bantuan yang komprehensif dan profesional. |
|
Dukungan dan kesempatan untuk peningkatan jabatan struktural | 1. Menyediakan informasi yang jelas dan terbaru tentang prosedur dan persyaratan peningkatan jabatan struktural di fakultas. 2. Mengadakan konsultasi individu dengan tenaga kependidikan yang berminat untuk memahami jabatan struktural. |
1. Membentuk program pembinaan dan mentoring bagi tenaga kependidikan yang ingin meningkatkan jabatan struktural, termasuk pembuatan rencana pengembangan pribadi dan pemantauan kemajuan. 2. Mendorong kolaborasi dengan institusi lain dan pihak eksternal untuk memberikan kesempatan pengembangan dan peningkatan kualifikasi yang lebih luas. |
|
Dukungan dan kesempatan untuk peningkatan jabatan non struktural | 1. Mengidentifikasi dan memfasilitasi peluang peningkatan jabatan non struktural, seperti jabatan koordinator, kepala program studi, atau pengampu mata kuliah. 2. Mengadakan program pelatihan atau workshop yang relevan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan dalam jabatan non struktural. |
1. Menyusun panduan atau pedoman yang jelas tentang persyaratan dan tanggung jawab dalam jabatan non struktural. 2. Meningkatkan komunikasi dan pemantauan terhadap tenaga kependidikan yang menjabat dalam posisi non struktural untuk memastikan mendapatkan dukungan dan bimbingan yang diperlukan dalam menjalankan tugas. |